Semangat ya buat paspor nya!


Tahun ini kan rencana nya mau bikin paspor sekeluarga. Bukan karena ada rencana pergi ke luar negeri, tapi persiapan aja kalau ada kesempatan bisa pergi ke luar negeri udah punya paspor terus tinggal bikin visa. 
Dari kecil aku nggak pernah pergi ke luar negeri, jadi aku belum pernah punya paspor dan ini kali pertama aku bikin paspor.

Sebernarnya dari akhir bulan Januari 2018 ini udah berusaha buat permohononan paspor ku, suami dan anak-anak.. suami mau nya kita bikin di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, yang di warung buncit supaya dekat rumah (jadi kalau misal nya harus nunggu lama bisa pulang dulu)

Katanya ngurus paspor itu susah.. ngantre nya lamaaa.. 
Supaya nggak bingung-bingung dan urusan nya lancar, coba cari-cari informasi seputar ngurus paspor akhir-akhir ini di Google dan juga tanya-tanya sama temen yang punya pengalaman ngurus paspor akhir-akhir ini. Kalo katanya teman ku yg belakangan sering pergi ke Australia ngurus paspor sekarang gampang dan cepat banget. Jadi nggak perlu pake jasa bikin paspor ..begitu pula dengan teman yg juga baru ngurus paspor untuk baby nya.


Antrian Online Paspor

Sekarang Kantor Imigrasi sudah tidak menerima antrian secara walk in, jadi kalau mau bikin paspor harus daftar antrian online di website https://antrian.imigrasi.go.id/ atau pakai aplikasi Antrian Paspor
Tapi.. sayang nya pas aku mau daftar untuk permohonan antrian pake aplikasi kuota habis terus. 
Udah daftar.. udah dapet e-mail, udah di verifikasi, udah pilih mau bikin di kantor imigrasi mana tapi ketika mau pilih tanggal ada tulisan muncul " kuota habis, silahkan pilih kantor imigrasi lain " 
Di PC juga gitu.. di klik sampe tahun 2020 pun ga ada tanggal yg bold krn available, semua tanggal nya tipis ( not available)
Pikir ku ya.. ini baru awal tahun, masa iya udah abis aja?! 
tapi kalo cek di twitter emang banyak orang yg kesel karena kuota habis terus. 

Kenapa kuota habis??
Karena ternyata sistem antrian online itu dibuka setiap hari Sabtu / Minggu, tapi aku sering lihat nya Minggu. Jadi kalo kamu mau daftar permohonan coba hari Minggu, pagi-pagi sekitar jam 8 pagi. 
Kalo jam 8 pagi kuota masih habis juga, coba lagi jam 12 siang. 
Tapi.. tanggal yang tersedia juga terbatas. Biasanya tanggal yg bisa dipilih ada 2 sampai 5 hari yang tersedia. Tanggal nya biasanya 2 minggu kedepan dari kamu mau daftar ini. Harus cepat-cepat daftar karena biasanya kuota habis dalam waktu 3 hari saja. 

Ketika daftar antrian kamu punya kuota maksimal 5 orang. Jadi kamu bisa daftarin suami / istri, anak, orang tua / mertua dan diri sendiri pasti nya. 
Untuk daftar perlu nama lengkap dan NIK nya. Jadi siapin nama dan NIK yang mau urus paspor. 
Setelah berhasil nanti keluar ada nama-nama nya di menu jadwal. Kalo di tap keluar barcode nya untuk masing-masing nama. Kalo tulisan jadwal nya di tap ada barcode dalam format pdf , jadi kaya surat gitu.. nah sebaiknya barcode di screenshot / di print di kertas supaya ketika ga bisa connect internet bisa kasih barcode tetep bisa urus paspor di Kanim. 

Sebenarnya tgl 28 Februari kemarin aku berhasil daftar antri buat paspor tapi.. karena suami ga dikasih ijin buat urus paspor jadi aku batal ngurus paspor.
Sayang nya aku ngga tau kalau sudah daftar ternyata ga bisa hadir itu bisa di cancel. 
Caranya di jadwal tap tanda titik 3 di nama orang yang cancel. Tapi.. kalau mau cancel maximal 2 hari sebelum nya.


Kalau pada tanggal yg sudah di jadwal kan kamu ngga bisa ngurus paspor ke Kanim tsb sebaik nya di cancel 3 hari sebelum tanggal nya.
Karena kuota untuk permohonan untuk antrean imigrasi online di reset nya 1 tahun sekali. Per akun kuota nya maksimal 5 orang. Jadi kalau kuota mu habis, coba minta tolong sama suami / istri, anak, orang tua / mertua -mu.

Datang ke Kantor Imigrasi (Kanim)

Aku dan keluarga baru berhasil apply buat bikin paspor bulan Maret kemarin. Ambil jadwal yang pagi, tulisan nya "8:00 - 9:00".Pada hari H nya, jam 7:45 kami sudah sampai di Kanim Jaksel dan langsung ke lantai 2 untuk ambil nomor tunggu, di sana sambil di cek berkas-berkas nya juga dapat formulir data diri yang harus diisi. Sambil menunggu nomor antrian dipanggil, aku ngisi formulirnya.

sediakan juga fotocopy nya, masing-masing 1 lembar dan fotocopy KTP elektroniknya tidak dipotong.
Kalau buat paspor anak persyaratan nya seperti ini.


tambahan 7. surat keterangan (beli di koperasi di kantor imigarasi, sudah lengkap dengan materai)

Kalau di Kanim Jaksel seperti ini.

Setelah dipanggil nomor antrian nya, kita ke konter sesuai nomor yang disebutkan. Terus di sana di wawancara seputar data diri, setelah itu pengambilan foto.

Pembayaran & Pengambilan Paspor

Setelah selesai wawancara dan pengambilan foto, dikasih lembaran (seperti tanda terima) untuk pengambilan paspor nya -nanti kalau sudah jadi paspornya dan ada info cara pembayaran nya. Pembayaran nya bisa dengan cara transfer.
Biayanya:
Paspor Biasa Rp. 355.000,-
Paspor Elektronik Rp. 655.000,-

Aku nggak bisa cerita banyak tentang proses pembayaran & pengambilan nya karena yg lakukan suami hehe.. tapi kayanya proses nya mudah karena lancar aja, ngga ada masalah
Karena bikin nya E-Paspor jadi paspor ku selesai 7 hari kemudian (tidak dihitung Sabtu, Minggu dan hari libur)

Berikut info aturan pengambilan paspor







semua info diambil dari Twitter Direktorat Jendral Imigrasi https://twitter.com/ditjen_imigrasi dan Twitter Kantor Imigrasi Jakarta Selatan https://twitter.com/Kanim_Jaksel

Semangat ya bikin paspor nya!

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya.. tulis komentar dong! supaya saya semangat nulis blog lagi.